Poin Penting dalam Membangun Garasi Mobil Minimalis

Poin Penting dalam Membangun Garasi Mobil Minimalis

Poin Penting dalam Membangun Garasi Mobil Minimalis

Arsitek Indo Kontraktor | Jasa Arsitek dan Kontraktor – Mobil merupakan salah satu kendaraan yang digemari oleh masyarakat semua kalangan. Hal tersebut tidak terlepas dari rasa nyaman saat berkendara serta dapat membawa banyak penumpang dan barang bawaan. Oleh sebab itu banyak yang menginginkan sebuah Mobil untuk dijadikan kendaraan keluarga ataupun pribadi. Namun hal lain yang cukup penting masalah membeli Mobil adalah membangun garasi Mobil di rumah. Tentunya jika mempunyai kendaraan diharuskan untuk membangun garasi Mobil. Dengan begitu tidak perlu khawatir saat malam hari jika Mobil sudah dimasukkan di garasi. Sangat berbeda dengan kendaraan yang terparkir di depan rumah, rasa was-was dan tidak tenang kadang menghinggapi. Pikiran buruk muncul seperti ada yang membawanya pergi atau mengerjai mobilnya.

Selain hal tersebut, mempunyai garasi di rumah juga merupakan salah satu faktor untuk merawat kondisi Mobil. Keadaan kendaraan akan terlindungi dari sinar matahari ataupun guyuran hujan, dengan begitu akan terhindar dari beberapa masalah dan dapat memperpanjang usia kendaraan. Nah bagi yang ingin membangun garasi Mobil di rumah, berikut ini terdapat 4 Poin Penting dalam Membangun Garasi Mobil Minimalis. Simak yuk!

1. Model garasi

Ini adalah syarat nomor wahid yang harus Anda pikirkan sejak awal, jika ingin membuat garasi mobil minimalis. Mengapa tipe dan model garasi yang akan dibuat itu penting untuk dipikirkan sejak awal? Sebab, inilah yang nantinya akan menentukan hasil jadi garasi Anda termasuk berapa budget yang perlu Anda siapkan untuk membeli materialnya. Yang dimaksud dengan tipe garasi disini adalah apakah akan didesain berpintu atau terbuka. Termasuk apakah keseluruhan pintunya full atau setengah saja.

Atau malah jika bicara soal ini di era saat ini, bisa jadi Anda kepincut untuk membuat pintu garasi otomatis. Anda tidak perlu lagi repot membuka dan menutup, dengan bantuan sensor dan mikrokontroller, garasi Anda akan terbuka dan menutup otomatis. Namun bukan itu topik yang akan kita bahas kali ini. Kita akan bicara soal bagaimana grand design dari garasi mobil yang akan dibuat. Semakin detail Anda mengimajinasikan desain tersebut bisa dipastikan pengerjaannya juga akan semakin sempurna.

READ  Dapur Mungil Untuk Pasutri Muda

2. Ukuran garasi

Pertama, coba cek atau ingat-ingat lagi berapa ukuran rumah Anda. Jika Anda membuat garasi mobil bersamaan dengan pembangunan rumah maka mungkin ini tidak jadi masalah besar. Karena Anda tentu sudah memikirkannya sejak awal. Lain ceritanya jika Anda membangun garasi saat rumah sudah berdiri. Anda perlu mempertimbangkan bagian mana dari rumah yang akan diubah menjadi “kamar” mobil Anda. Untuk menentukan luas dan ukuran garasi bisa dilakukan dengan perbandingan luas rumah atau jumlah dan ukuran mobil. Atau bisa juga salah satunya saja.

Jika Anda hendak mengakomodasi garasi untuk mobil yang jumlahnya lebih dari satu perlu juga dipikirkan sedari awal. Ukuran garasi harus didesain muat untuk mobil dengan jumlah tersebut. Untuk mobil-mobil berukuran kecil dimana rata-rata lebar dan panjang mobil 1,5 x 3,5 m, bisa gunakan sistem perkiraan ukuran garasi sebesar 2,5 x 4,8 m. Sementara untuk mobil-mobil berukuran lebih besar bisa menggunakan ukuran 3,5 x 5 m. Kalikan dengan Anda akan mengakomodasi berapa mobil untuk bisa masuk ke dalam garasi.

INGAT! Hitung juga perkiraan space kosong untuk pintu mobil saat terbuka penuh. Jangan sampai salah perhitungan hingga tidak sadar jika harus memperhitungkan daun pintu mobil saat membuka.

3. Penempatan area garasi

garasi mobil minimalis

Ini penting sebab tidak hanya bisa di satu sisi, garasi Anda bisa diletakkan di bagian depan. Meski sebenarnya ini juga tergantung dari seperti apa denah rumah Anda. Garasi mobil bisa ditempatkan di samping atau depan rumah, di lantai satu atau lantai dua. Penempatan garasi yang tidak biasa akan menambah kesan rumah Anda terlihat berbeda. Selain itu, penempatan garasi yang pas juga bisa menjadi salah satu kriteria rumah yang aman. Anda bisa membaca artikel soal tips garasi aman. Artikel tesebut membahas tentang bagaimana sebuah garasi didesain dengan evektivitas tinggi agar memenuhi aspek keamanan.

READ  Cara Merawat Air Kolam Renang

4. Warna cat tembok

Seperti halnya ruangan dalam (interior) dan luar (eksterior) rumah. Garasi sebagai bagian dari eksterior, pemilhan warnanya juga tidak boleh sedikitpun diabaikan. Merencanakan warna cat tembok yang bagus dan sesuai dengan tema yang diusung akan membuat rumah Anda lebih bagus dan estetis. Dalam memilih warna cat tembok untuk garasi bisa disesuaikan dengan warna ruangan eksterior lainnya. Menurut salah satu perusahaan cat ternama Indonesia, vinilex, warna merah bata berkombinasi hitam akan membuat eksterior terlihat mewah. Bayangkan jika garasi rumah Anda menerapkannya maka kesan elegan dan luas akan terasa. Bentuk nyata garasi mobil minimalis hampir di depan mata.

5. Material lantai, atap/plafon, dan penerangan

Selain elemen di atas sebelumnya, material lantai juga perlu dipikirkan. Yaitu tentang bahan, warna dan motif lantai garasi seperti apa yang sesuai dengan konsep rumah. Yang jelas lantai garasi dan lantai interior rumah harus dibedakan. Jangan sampai menggunakan lantai dalam rumah untuk garasi. Kita tahu tekstur dan sifat materialnya berbeda. Bicara soal material lantai, batu alam bisa jadi material lantai paling aman untuk digunakan. Anda hanya tinggal mencari referensi motif yang tepat agar tampilan lebih memukau. Anda bisa ulasan lengkap tentang cara memasang batu alam di sini. Sementara itu, untuk atap garasi, Anda bisa mengkondisikan sendiri akan dibuat seperti apa. Apakah akan sama dengan plafon ruang dalam rumah (interior) ataukah akan dibedakan warnanya.

Ide lain yang bisa diterapkan ialah dengan membuat garasi beratap kaca transparan. Ide ini bisa Anda terapkan jika tidak ingin pusing-pusing membuat ruangan khusus untuk kamar mobil Anda. Desain ini juga bisa dijadikan ide untuk memanfaatkan bagian depan rumah jika Anda memiliki luas halaman yang lebih dari cukup. Pemilihan plafon ini penting sebeb nantinya juga akan berpengaruh pada sistem pencahayaan/penerangan di garasi. Jika menggunakan plafon bercat putih, lampu penerangan bisa juga warna putih. Lampu berwarna kuning bisa jadi alternatif pilihan yang tepat untuk mendapatkan suasana garasi yang lebih elegan.

READ  Teknik Menggunakan Acian Dinding

Dalam memilih lampu penerangan, Anda bisa berpathokan pada warna lampu kuning yang bisa membawa cahaya terang. Atau bisa juga bertearna putih agar lebih cerah dan memberikan nuansa semangat. Bisa juga dengan putih warna biru agar suasana ruangan lebih redup namun tetap indah. Dengan pemilihan penerangan yang tepat, maka akan lebih menghidupkan nuansa garasi mobil minimalis di rumah Anda.

7. Jenis pintu

Ini hanya ulasan tambahan untuk poin nomor satu, masih terkait dengan masalah garasi mobil minimalis. Ada beberapa macam jenis garasi yang bisa didesain yaitu terbuka dan penutup. Anda bisa mendesain garasi terbuka tanpa pintu atau bisa juga tertutup dengan pintu atau gerbang. Untuk mendesain garasi tanpa pintu maka pastikan dulu jika bagian depan rumah Anda terpasang pagar/gerbang. Ini akan menunjukkan seberapa besar komitmen Anda dalam menjaga keamanan rumah. Jika Anda lebih suka garasi minimalis dengan pintu, Anda bisa memilih konsep yang tepat. Salah satu ide yang bisa diadopsi diantaranya adalah pintu dari bahan kayu. Ini cukup pas untuk Anda yang menyukai konsep alam atau meneruskan konsep rumah Anda sebelumnya.

Semoga Poin Penting dalam Membangun Garasi Mobil Minimalis dapat membantu kamu dalam membuat garasi yaa!

Semoga bermanfaat!

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat