Tata Cara Pasang Rumput Sintetis

Tata Cara Pasang Rumput Sintetis

TATA CARA MEMASANG RUMPUT SINTETIS YANG BENAR

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Taman maupun halaman memang sangat membantu membuat penampilannya sangat menarik. Jika anda ingin memasang rumout sintetis, anda dapat memasangnya sendiri loohh. Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai bagaimana memasang rumput sintetis yang baik dan benar. Mau tahu apa saja ? Mari simak ulasan di bawah ini.

Siapkan Area yang akan dipasang 

Menanam rumput asli saja butuh persiapan, tentu saja rumput sintetis perlu dipersiapkan pula. Rumput sintetis memerlukan laman yang mulus bebas dari hama, sehingga langkah pertama adalah menyemprot area yang akan dipasang rumput dengan semprotan hama di semua bagian yang pernah tertanam rumput.

Mulailah memetakan bagian mana saja yang akan disemprot. Gunakan gerakan melingkar guna pastikan hama benar-benar terbasmi, usahakan memakai merek produk yang sama untuk proses pembantaian hama. Mengingat semprotan hama membutuhkan waktu untuk benar-benar memberikan hasil yang diinginkan hingga ke akarnya, lakukan ini dua minggu sebelum Anda mulai ke langkah selanjutnya.

Setelah semua hama dan tanaman dibasmi, saatnya memastikan area yang akan dipasang rata dan mulus. Gali sekitar 7.5 sampai 10 sentimeter bagian paling luar tanah untuk memberikan landasan baru yang lebih mulus. Anda sebaiknya menunggu usai area terkena hujan dan menggunakan mini tiller untuk memudahkan proses menggali, “mencacah” tanah, serta semua landasan tidak rata akibat tanaman dan hama yang mati.

Tanah sudah rata siap dipasang rumput, masih ada 1 persiapan lagi. Rumput sintetis tidak membutuhkan air. Padahal, namanya halaman outdoor pastilah bersahabat dengan air, minimal air hujan. Gunakan sistem penyaringan air demi pastikan air tidak akan terjebak pada rumput sintetis nantinya. Bila Anda punya biaya lebih, cobalah memasang pembatas tahan air dan rumput liar untuk menjaga kualitas rumput sintetis outdoor nantinya.

READ  Pilih Rumput Alami atau Rumput Sintetis?

Baca Juga : 6 Cara Merawat Tanaman Taman Vertikal

Pastikan Pondasi Sudah Siap 

Memasang bahan pondasi dimulai dari membeli batuan yang sudah dihancurkan.  Penuhi area yang telah disiapkan sekitar 7.5–10 cm menggunakan kerikil untuk mencegah tanah nendat dan meningkatkan aliran air. Apabila area yang Anda pilih memiliki dasar yang keras, memilih landasan yang terbuat dari karet akan bekerja dengan baik.

Landasan dari karet tergolong efektif dalam mengatasi tanah yang tidak rata. Selain itu, bagi Anda yang yakin anak kecil akan banyak menghabiskan waktu bermain di area rumput sintetis outdoor yang Anda pasang, landasan karet jauh lebih aman dibanding batu. Masih bingung memilih batu atau karet? Sebetulnya jika Anda yakin area sudah rata dan tidak ada masalah dengan perairan, Anda tidak memerlukan landasan apapun.

Baca Juga : Tips Membuat Taman Bermain Anak

Cara Memasang Rumput Sintetis Outdoor

Kini tiba saatnya memasang rumput sintetis outdoor yang telah Anda siapkan. Sebelum mulai pasang, pastikan lebar dan panjang rumput sudah sesuai dengan area yang Anda siapkan. Ingat, selama proses jangan sampai Anda menyeret rumput sintetis ya, karena dapat menyebabkan kerusakan pada pondasi yang telah Anda siapkan.

Hempaskan rumput sintetis pada sepanjang area. Berhubung kebanyakan desain rumput sintetis mengarah pada satu arah yang sama. Jadi, usahakan Anda memasang rumput di arah yang konsisten supaya rumput tetap terlihat alami. Bicara mengenai alami, kerap kali, rumput yang Anda beli tidak sesuai dengan bentuk area taman. Bila hal ini terjadi, potong saja menggunakan pisau dapur hingga mencapai bentuk rumput yang Anda inginkan.

Baca Juga : 6 Cara Merawat Tanaman Taman Vertikal

READ  Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Mindi

Amati dari jauh bila rumput sudah menghias sepanjang taman. Ketika Anda sudah yakin dengan bentuk taman yang sudah Anda siapkan, ini saatnya mengencangkan. Kebanyakan rumput sintetis sudah menyediakan pin untuk memastikan rumput tidak bergeser. Anda bisa menggunakan palu untuk menanam pin rumput dengan jarak 15 sentimeter antar pin.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat