Tips Membuat Kost – Kostan

Tips Membuat Kost - Kostan

Tips Membuat Kost – Kostan

Tips Membuat Kost - Kostan

Arsitek Indo Kontraktor – Kost – kostan maupun kontrakan merupakan hunian yang kini mulai banyak dibuat, terutama pada daerah yang memiliki kepadatan tinggi, baik itu dalam bidang perusahaan, produksi barang, maupun pendidikan. Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak pilihan pabrik produksi yang menarik, universitas, dan perusahaan, untuk itu Arsitek Indo Kontraktor sebagai jasa arsitek indonesia menyediakan jasa desain rumah yang kali ini akan memberikan tips membuat kost – kostan bagi Anda semua yang ingin berinvestasi.

Pilih Lokasi Strategis

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis kos-kosan adalah memilih lokasi strategis. Cobalah mulai bisnis ini dengan melakukan survei lokasi, carilah lokasi yang mudah ditempuh, memilik jarak yang dekat dari kampus atau perkantoran, akses mudah, dan sebagainya. Jika target market Anda adalah mahasiswa, carilah lokasi dekat dengan kampus, atau cari lokasi yang dekat dari perkantoran jika target Anda adalah pekerja. Selain dekat dengan kampus atau kantor, carilah lokasi yang memudahkan target Anda mencari tempat makan, supermarket, rumah sakit, dan dekat dengan jalan raya.

Berikan Harga Kompetitif

Harga adalah salah satu faktor penentu apakah calon penghuni memilih kos-kosan yang Anda miliki atau tidak. Agar kamar kos-kosan Anda penuh dan ramai, cobalah berikan harga sewa yang sesuai dengan target dan fasilitas yang dimiliki kos-kosan tersebut. Misalnya kamar kos dengan fasilitas AC dihargai Rp1,5 juta, dan tanpa AC hanya Rp800 ribu. Sebelum menentukan harga, Anda bisa melakukan survey kecil-kecilan terhadap harga kos di sekitar lokasi.

 

Sediakan Tempat Bersih & Nyaman

Setelah menemukan lokasi yang strategis, hal kedua yang harus Anda lakukan adalah membuat kos-kosan yang memberikan jaminan atas kebersihan, keamanan, dan juga kenyamanan penghuni kos. Dengan begitu, mereka akan lebih betah di kos-kosan dan menjadi penghuni kos yang loyal. Berikan sirkulasi udara yang baik dan sediakan pihak keamanan yang menjaga kos-kosan. Selain itu, Anda juga harus menyeleksi calon penghuni dan membuat aturan yang bisa membuat kos lebih aman dan nyaman, misalnya pintu utama akan ditutup jam 22.00 atau teman penghuni diwajibkan melapor jika menginap, dan sebagainya.

Lakukan Promosi

Setelah semuanya dipersiapkan dengan baik, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah membuat promosi bisnis Anda. Cobalah mulai dengan promosi melalui social media atau menempel brosur di tempat makan yang biasa dikunjungi target market. Anda juga bisa memberikan promosi atau diskon untuk  beberapa penghuni pertama kos-kosan. Hal ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi kos-kosan Anda.

 

Berikan Fasilitas Tambahan

Selain fasilitas di kamar kos, Anda juga harus memerhatikan fasilitas lainnya, misalnya menyediakan WiFi gratis, layanan laundy, ketering, dan sebagainya. Hal ini akan membantu Anda memenangkan persaingan pasar. Tanpa adanya fasilitas tambahan, Anda akan sulit menarik calon penghuni kos. Apalagi saat ini hampir semua kos-kosan menyediakan layanan WiFi gratis.


Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat