Tips Memilih Bata Merah Berkualitas Baik dan Awet

Tips Memilih Bata Merah Berkualitas Baik dan Awet

Arsitek Indo Kontraktor | Jasa Arsitek dan Kontraktor – Dari sekian material konstruksi bangunan, batu bata merupakan bahan bangunan yang selalu ada dari waktu ke waktu. Anda dapat menemukan penggunaan batu bata untuk dinding ataupun pondasi nyaris di setiap gedung atau rumah di lingkungan kita. Namun, sudahkah Anda tahu jika batu bata memiliki banyak jenis? Mulai dari bata merah, bata putih, bata hebel, bata ringan, bataton, batako, bata roster, dan masih ada jenis bata lainnya. Setiap model batu bata memiliki ciri khas tersendiri. Termasuk juga kelebihan dan kekurangan dari karakter batu bata tersebut.

Di antara jenis batu bata yang sering digunakan, bata merah berkualitas merupakan salah satu yang populer. Keunggulan bata merah adalah memiliki kekuatan yang kokoh dan harganya terjangkau. Namun begitu, bukan berarti batu bata konvensional yang dibuat secara manual oleh pengrajin tidak berkualitas.  Yuk simak Tips Memilih Bata Merah Berkualitas Baik dan Awet!

 

 

 

Untukmembantu anda dalam memilih bata merah, berikut ini ada beberapa tips memilih bata merah berkualitas baik yang bisa anda coba:

  1. Perhatikan Ukuran dan Bentuk Bata MerahTips Pembelanjaan Bahan Bangunan

Pada dasarnya bata merah yang baik memiliki bentuk prisma segi empat panjang dengan sudut siku-siku tajam serta permukaannya rata dan tidak retak . Ukuran standar dari bata merah adalah modul M-5a (190 x 90 x 65 mm), modul M-5b (190 x 140 x 65 mm) dan modul M-6 (230 x 110 x 55 mm). Sedangkan untuk kelasny adalah kelas 25, 50, 100, 150, 200 dan 250. Sebaiknya anda juga mempertanyakan tentang kandungan garam dalam bata merah. Idealnya bata merah tidak boleh mengandung garam terlalu banyak karena bisa menyebabkan pengkristalan hingga 50%.

  1. Cek Suara Benturan dan Kekuatan Bata MerahDaftar Harga Bata Merah, Batako dan Bata Ringan Tahun 2020

Tips memilih bata merah berkualitas baik selanjutnya adalah dengan mendengarkan bunyi benturannya. Jika anda saling mengetukkan dua buah bata merah dan bata mengeluarkan suara yang nyaring seperti besi, maka kualitas bata ini tidak perlu anda ragukan. Anda juga bisa mengecek kekuatan bata merah dengan mengetukkan potongan besi ke permukaan bata. Jika suara yang dihasilkan dari ketukan ini nyaring, maka bata ini memiliki kekuatan yang bisa diandalkan.

  1. Membelah Bata atau Merendam Dalam AirCara memasang dak keraton malang

Selain itu anda juga bisa melihat kualitas bata merah dengan cara membelah atau merendamnya dalam air. Jika saat dibelah bata merah memiliki warna merah yang rata maka bata ini memiliki kualitas baik. Sedangkan untuk metode perendaman, ini kita lakukan untuk melihat daya serap bata terhadap air. Jadi saat bata merah direndam dalam air, jika semakin sedikit air yang terserap maka kualitas bata semakin bagus.

  1. Cek Bata Merah Secara AcakPecahan batu bata - Thegorbalsla

Tips ini bisa kita lakukan jika anda melakukan pembelian bata merah dalam jumlah banyak misalkan ribuan. Untuk mengecek satu-satu jelas tidak mungkin. Karena itulah, anda bisa mengeceknya secara acak. Anda bisa menggunakan beberapa cara yang sudah ada  tadi untuk mengecek kualitas bata merahnya.

  1. Beli Bata Merah di Toko atau Penjual Terpercaya

Tips keempat ini berlaku mutlak. Jika anda ingin mendapatkan bata merah berkualitas maka anda tidak boleh membeli bata merah di sembarang tempat. Pastikan saja toko atau penjual yang kamu pilih terpercaya dan memang menjual bata merah dengan kualitas baik.

READ  Cara Desain Rumah Klasik

Di luar itu semua, jika memang kebetulan anda sudah terlanjur membeli bata merah berkualitas kurang baik maka anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara. Beberapa contohnya adalah dengan menggunakan adukan beton berstandar tinggi, memasang besi tulangan yang kuat dan pengerjaan menggunakan metode yang tepat bisa membantu menjaga tingkat kekuatan dinding bangunan.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat