Tips Memilih dan Memasang Wallpaper Dinding

Tips Memilih dan Memasang Wallpaper Dinding

Tips Memilih dan Memasang Wallpaper Dinding

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorWallpaper untuk tembok rumah merupakan hiasan dinding dengan bermacam motif dan warna, digunakan untuk mengubah penampilan suatu ruang supaya semakin cantik dan memiliki nilai tambah. Sering kali kita merasa tembok rumah yang polos cenderung membuat penghuni rumah merasa bosan karena tampilannya yang monoton. Untuk mengakalinya, Anda dapat mendesain dinding rumah dengan wallpaper bermotif agar suasana rumah menjadi lebih berwarna. Mewarnai dinding Anda memang bisa menambah kesan indah pada suatu ruangan, sehingga ruangan terlihat lebih ekspresif. Bermacam motif, warna, dan corak dapat dipilih. Namun, pemilihan wallpaper harus disesuaikan dengan beberapa pertimbangan seperti lokasi pemasangan, ukuran yang mesti dibeli, dan masih banyak lagi. Berikut ini tips memilih dan memasang wallpaper dinding.

1. Kesesuaian Furniture dan Wallpaper Di rumah

Antara wallpaper dengan furniture di dalam sebuah ruangan sangat penting lho, jadi, hal yang perlu sobat pastikan ketika akan memasanag wallpaper di rumah yaitu warna dari wallpaper yang akan di pilih. Pilihlah warna yang serasi dan tidak bertabrakan akan menghasilkan keharmonisan ruangan yang sangat cantik. Nah, jika kebanyakan furniture dirumah sobat memiliki motif ramai dan terkesan penuh, sebaiknya pilihlah wallpaper dinding untuk ruangan yang motifnya lebih sedikit atau tanpa motif alias polos, selain itu warna yang digunakan juga ada baiknya menggunakan warna lembut dan juga netral.

Sebaliknya jika dirumah bangunan memiliki furniture yang minim motif, sobat bisa menggunakan wallpaper dinding dengan penuh motif dan warna yang mencolok agar antara furniture dan juga wallpaper akan saling menyeimbangkan suasana di dalam rumah.

Tips Memilih dan Memasang Wallpaper Dinding

2. Efek Ruangan Beratap Rendah dan Pencahayaannya

Sobat bisa menggunakan wallpaper dinding rumah dengan motif abstrak, garis vertical atau motif pohon yang memanjang ke atas. Dengan wallpaper dinding rumah seperti itu ruangan akan terlihat lebih tinggi. Kemudiam pilihlah warna wallpaper dinding rumah yang lebih tua dibandingkan warna langit-langit ruangan rumah kamu.

Di dalam rumah yang sobat huni, pasti ada saja area yang tersinari cahaya matahari secara langsung dan ada pula yang justru sebaliknya yaitu ruangan yang tidak tersinari cahaya matahari dengan maksimal. Maka dari itu untuk menciptakan ruangan yang terkesan luas dan juga terang, sobat bisa mengakalinya dengan memilih wallpaper yang memiliki warna cerah.

Apabila ruangan di rumah sobat menggunakan lampu berwarna warm light, wallpaper berwarna jingga, kuning ataupun emas maka akan lebih cocok karena wallpaper dinding keren tesebut memiliki warna yang lebih menonjol.

READ  10 Tanaman Yang Bagus Untuk di Tanam di Rumah

Tips Memilih dan Memasang Wallpaper Dinding

3. Ruangan Dengan Plafon Yang Tinggi dan Sempit

Jika anda memiliki rumah dengan ruangan yang sempit dengan plafon yang tinggi maka dengan tips ini sobat bisa menggunakan wallpaper dengan motif yang horizontal seperti motif garis-garis dan bunga.

Jika sobat  menggunakan motif yang penuh maka akan terlihat sempit. Kemudian untuk pemilihan warna, pilihlah warna yang terang dan cerah dibandingkan dengan warna langit-langitnya untuk mencegah kesan sempit. Seperti pada gambar wallpaper dinding berikut ini.

Untuk ruangan dalam rumah sobat yang berukuran sempit atau mungil juga bisa mengaplikasikan wallpaper cukup pada salah satu sisi ruangan saja, sementara, sisi dinding lain yang memiliki warna senada sebaiknya sobat biarkan saja agar terlihat lebih natural. Selain menciptakan ruang yang lebih natural, tujuan dari hal tersebut yaitu untuk menciptakan dimensi ryang, sehingga runagan berukuran minimalis jadi tetap terkesan lega dan lapang. Idaman sekali, bukan?

Tips Memilih dan Memasang Wallpaper Dinding

4. Menyesuasikan Wallpaper dengan Kepribadian Sobat

Memilih wallpaper tidak terlepas dari factor psikologis lho sobat. Ini berarti sobat perlu menentukan motif dan warna untuk wallpaper di rumah sobat dengan tepat. Jadi, pilihlah wallpaper yang paling sesuai dengan kesukaan sobat beserta selurug keluarga. Terutama untuk wallpaper yang diaplikasikan di ruang keluarga, karena ruangan inilah biasanya menjadi tempat keluarga berkumpul menikmati waktu bersama.

Apabila sobat merupakan seseorang yang periang dan menyukai seni disini sobat bisa mencoba menggunakan wallpaper dinding ruangan dengan motif yang unik. Namun dengan beberapa saran pemilihan wallpaper dinding rumah , untuk anda yang malas menata atau mendekorasi rumah bisa menggunakan wallpaper ruang tamu dengan warna dasar gelap seperti biru tua, hijau tua, ungu dll.

Berbeda halnya apabila sobat menyukai ketenangan dan memiliki kepribadian yang pendiam, ada baiknya untuk memilih motif yang bernuansa alam seperi daun, ukiran atau wallpaper dinding minimalis. Warna yang dipilih pun sebaiknya menggunakan warna lembut yang sobat sukai. Motif wallpaper dinding rumah yang bisa kamu pilih beragam. Bisa motif bunga, panorama atau sesuatu yang besar meskipun abstrak.

Tips Memilih dan Memasang Wallpaper Dinding

5. Mengaplikasikan Wallpaper sesuai dengan Konsep dan Fungsi sebuah ruangan

sebelum sobat memuuskan untuk memilih wallpaper yang akan di pasang dalam ruangan di rumah sobat, tentu ada hal penting yang perlu di pertimbangkan. Hal pertama ialah sobat perlu menentukan konsep ruangan yang rencananya akan sobat wujudkan terlebih dahulu. Pikirkan dengan baik-baik dan juga dengan snagat matang, atmosfer seperti apa yang rencanya sobat ingin tunjukan dalam ruangan itu?

READ  7 Alasan Desain Interior Industrial Layak Menjadi Pilihan

Apakah berencana untuk menonjolkan nuansa yang berwarna atau colorful, kalem atau lebih tenang, atau justru sobat menginginkan ruangan yang formal. Langkah pada tahap ini tentu akan membantu sobat lebih terarah saat memilih wallpaper.

Misalnya pada wallpaper dinding ruang tamu motif ranting, pohon, dan garis sangat cocok untuk mendekorasi ruang tamu sobat lho. Dengan menggunakan motif wallpaper dinding tersebut, tampilan ruang tamu sobat tentu terkesan lebih seimbang. Untuk sobat VOIRE yang ingin memunculkan kesan luas di ruang tamu, terapkan warna netral seperti coklat atau putih.

Tips Memilih dan Memasang Wallpaper Dinding

Nah selanjutnya apabila anda akan memasang wallpaper dinding di ruang keluarga. Tentu sudah tau dan paham dong, jika ruang keluarga merupakan salah satu tempat yang menjadi spot pertama untuk berkumpulnya anggota keluarga. Karena itu, motif wallpaper harus memunculkan nuansa hangat keluarga. Penggunaan warna yang cerah bisa memunculkan nuansa kehangatan ini lho.

Tips Memilih dan Memasang Wallpaper Dinding

Lalu untuk wallpaper dinding kamar tidur biasanya sobat selalu mendambakan untuk mempunyai kamar tidur yang nyaman dan membuat sobat merasa betah tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan ya!

Vira sarankan sih jika sobat ingin mengubah suasana yang baru dengan menambah atau mengubah motif wallpaper di kamar sobat. Pilih warna yang sejuk dan ditandai dengan kombinasi warna biru, hijau dan ungu muda yang memberikan kesan menenangkan. Warna sejuk mengingatkan kita pada alam , yang cocok untuk kamar tidur yang sempit.

Tips Memilih dan Memasang Wallpaper Dinding

Memasang Wallpaper Dirumah

Tips Memilih dan Memasang Wallpaper Dinding

Cara memasang wallpaper dinding sangat mudah lho sobat. Langkah awal yang harus sobat lakukan yaitu memastikan bahwa bagian dinding yang akan dipasang wallpaper bersih dari paku atau noda. Lalu ukur ketinggian dan lebar dinding yang akan dipasangkan wallpaper. Kemudian pasang secara perlahan dengan mengoleskan lem wallpaper menggunakan kuas aplikasi wallpaper.

Nah agar sobat lebih yakin kenapa perlu memasang wallpaper dinding Vira bisikan beberapa manfaatnya ya!. Tidak hanya sekedar menjadi penghias dinding, wallpaper juga bisa merangkap beberapa fungsi berikut, seperti:

1. Mempercantik Ruangan

 

Tidak perlu ragu menerapkan motif beraksen unik pada dinding interior. Pasalnya dengan permainan motif rupanya bisa menciptakan kesan tersendiri di dalam ruangan. Tentu saja, ketepatan pemilihan wallpaper mampu memunculkan kesan interior yang dinamis.

READ  4 Bangunan Tahan Gempa Dari Jepang

Wallpaper sendiri memiliki berbagai macam motif, warna dan juga desain. Sehingga sangat cocok apabila digunakan sebagai media untuk mempercantik dinding sekaligus ruangan itu sendiri. Perpaduan wallpaper dinding dengan furniture yang tepat akan turut membuat ruangan sobat semakin #benarbenaridaman

2. Menyembunyikan Kekurangan Pada Dinding Rumah

Tips Memilih dan Memasang Wallpaper Dinding

Siapa yang bisa menjamin dinding rumah anda dalam jangka waktu tertentu bisa retak atau catnya mengelupas. Bahkan beberapa dinding yang tidak rata. Nah, disini fungsi yang paling penting dari wallpaper yaitu untuk menutupi kekurangan dinding rumah lho.

Biasanya dinding yang memiliki usia cukup tua terkadang catnya akan mengelupas. Atau, bisa juga, dinidng tersebut ditumbuhi lumut lantaran rumah sobat berada di daerah yang memiliki kelembapan udara yang cukup tinggi. Beberapa kasus bahkan bisa menyebabkan dinding mengalami keretakan yang tidak diinginkan.

Alih-allih melalukan renovasi pada dinding yang tentu dari segi harga rupanya lebih mahal, tentu menggunakan wallpaper akan lebih hemat karena harga wallpaper dinding lebih murah dari cat tembok dan juga akumulasi biaya renovasi. Meskipun wallpaper memiliki daya tahan hingga empat tahun, jadi setidaknya sobat tidak perlu memikirkan biaya dekorasi dan renovasi delama 4 sampai 5 tahun lamanya.

Nah, pemasangan atau pengaplikasian wallpaper dinding dapat menjadi solusi untuk mengatasi kekurangan-kekurangan tersebut agar dinding kembali terlihat menyenangkan dan kantong tetap aman.

3. Melindungi Dinding dan Mudah Dibersihkan

Tips Memilih dan Memasang Wallpaper Dinding

Indonesia sebagai negara tropis menjadi salah satu penyebab hadirnya cuaca yang tidak menentu. Nah cuaca yang tidak menentu ini tidak akan menjadi penyebab rusaknya dinding ketika sobat memasang wallpaper. Hal tersebut disebabkan karena wallpaper memiliki lapisan vinyl yang dapat pula melindungi dinding dari air. Dengan begitu, dinding akan tetap terlihat cantik tanpa adanya kerusakan.

Wallpaper juga akan lebih mudah dibersihkan ketika ada coretan di dinding menggunakan pensil warna, krayon atau pun spidol. Cukup gunakan kain atau busa yang dibasahi untuk mengelap wallpaper yang terkena coretan hingga bersih. Tentu hal ini menjadi ide menarik apabila sobat memiliki anak- anak yang masih kecil dan senang bereksplorasi kan?. Itulah tips memilih dan memasang wallpaper dinding.

 

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat