Tips Memilih Warna Cat Rumah

arsitek jogja - cv.arsitek indo kontraktor

TIPS MEMILIH WARNA CAT RUMAH

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Dalam memilih warna cat rumah tentu anda tidak dapat sembarangan dalam menilihnya. Karena warna akan sangat berpengaruh pada keindahan rumah anda. Pemilihan warna cat yang tidak cocok dengan konsep rumah akan membuat rumah anda tampak kurang menarik. Nah dalam artikel di bawah ini akan di bahas mengenai tips memilih warna cat rumah agar anda tidak salah memilih dan hasil warna cat sesuai dengan harapan anda. Mari simak ulasan di bawah ini.

1. Kenali Model Rumah

tips memilih warna cat rumah
Sumber Gambar: Pexels

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memilih warna cat rumah adalah mengenali model rumahmu sendiri. Apakah modelnya minimalis? Modern? Western? Klasik? Atau justru tradisional?

Dalam membangun atau merenovasi rumah, konsep dasar model rumah memiliki peran penting karena hal ini akan berpengaruh pada jenis perabotan yang akan mengisi rumah, bentuk dan penataan masing-masing ruangan, dan tentu saja, warna cat rumah.

2. Tentukan Mood yang Ingin Dibentuk dari Rumah

tips memilih warna cat rumah
Sumber Gambar: Maxpixel

Proses ini butuh diskusi yang mendalam dengan anggota keluarga. Apakah rumah ingin dicat dengan palette warna yang sama untuk setiap ruangan, atau justru disesuaikan dengan keinginan masing-masing pemilik ruangan? Mood atau kesan apa yang ingin ditimbulkan dari keseluruhan rumah tersebut: ceria, simpel, mewah, elegan, atau hangat?

Agar rumah memberi kesan ceria dan bersemangat, kombinasi warna cerah seperti kuning terang, aqua, putih, dan merah muda adalah pilihan yang tepat. Bila ingin memberi kesan mewah, pilih warna-warna monokrom seperti hitam, biru tua, abu-abu, dan putih.

Sebaliknya, jika mood yang ingin dibentuk adalah rasa hangat, Toppers bisa mengecat rumah dengan warna krem, cokelat, oranye, atau hijau. Mempertimbangkan mood dari masing-masing ruangan juga penting.

READ  Tips Memilih Kaca Pada Teras Rumah

Warna-warna cerah seperti merah terang atau oranye tentu kurang cocok digunakan sebagai cat kamar tidur karena akan membuat pemilik ruangan sulit merasa mengantuk.

3. Buat Palet Warna

tips memilih warna cat rumah
Sumber Gambar: Home Tree Atlas

Diskusikan dengan arsitek maupun tukang bangunan rumahmu mengenai palet warna yang akan digunakan sebagai panduan mengecat rumah. Toppers bisa membuat palet warna sesuai keinginan sendiri, mencari inspirasi paduan warna dari internet, atau mengamati tren warna cat rumah yang lagi ‘in’ saat ini.

Lihat dan cocokkan warna utama rumah dengan berbagai warna lain. Pertimbangkan complimentary colors-nya, sandingkan warna yang akan digunakan sebagai warna utama rumah dengan shade warna sejenis, atau justru dengan contrasting colors (misal, merah dengan biru, hijau dengan cokelat, kuning dengan putih).

Jangan ketinggalan, pikirkan juga jenis finishing yang diinginkan: Matte, satin, atau glossy. Mencampurkan jenis finishing yang berbeda juga dapat memberi efek berbeda pada ruangan, lho.

Intinya, jangan malas bereksperimen dan sering berdiskusi dengan pihak yang membantu membangun rumah.

Baca Juga : Manfaat Cat Dasar Pada Tembok

4. Tes dan Eksperimen Warna di Dinding Putih

tips memilih warna cat rumah
Sumber Gambar: Sixth Sense Academy

Cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menguji perpaduan warna cat rumah adalah dengan mengecatnya langsung ke dinding. Oleh karena itu, siapkan satu dinding putih dalam rumah impianmu untuk digunakan sebagai tempat eksperimen.

Beli cat ukuran sampel sesuai warna-warna yang telah pilih di palet yang telah dibuat sebelumnya. Selain untuk melihat mix and match dan saturation (ingat, warna cat di katalog bisa berbeda dengan warna asli ketika ditempelkan ke tembok), Toppers juga dapat menguji kualitas cat dengan cara ini.

Tunggu kurang lebih 24 jam sebelum memutuskan apakah benar-benar akan menggunakan warna tersebut.

READ  Memilih Warna Cat Dasar Tembok

5. Perhatikan Pencahayaan

tips memilih warna cat rumah
Sumber Gambar: Zillow

Saat  mengetes warna di dinding putih, pertimbangkan juga penampilan warna di bawah pencahayaan yang berbeda. Inilah mengapa penting untuk menunggu 24 jam sebelum membuat keputusan.

Sebaiknya melihat bagaimana hasil warna di dinding pada pencahayaan berbeda: Saat pagi hari, siang hari, maupun malam hari. Lalu berdasarkan hal ini, sesuaikan warna dan pencahayaan rencana peletakan barang di masing-masing ruangan.

Misalnya, di mana letak jendela atau ventilasi udara, dapur, tempat tidur akan dipasang, dan lain sebagainya.

6. Sesuaikan dengan Aksesori Ruangan

tips memilih warna cat rumah
Sumber Gambar: Pexels

Apakah anda berencana memasang aksesori seperti lukisan dinding, hiasan tempel, vas bunga, atau coffee tabledalam ruangan tersebut? Sebaiknya pertimbangkan juga bentuk, warna, dan peletakan dekorasi dengan warna cat rumah, supaya tampilan ruangan nantinya tidak terkesan sembarangan atau tidak matching satu sama lain.

Aksesori ruangan bisa jadi trik yang baik untuk meramaikan suasana kalau anda tidak terlalu nyaman bermain dengan warna-warna yang menantang. Jadi, meski warna cat rumah hanya warna-warna dasar seperti putih atau krem, anda dapat menambahkan aksen dengan aksesori berwarna senada atau justru berwarna terang.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Cat Pada Objek

Dalam memilih warna cat rumah, penting untuk mempertimbangkan berbagai hal, dari mulai terangnya warna, kesan yang diinginkan, hasil finishing, tampilan dalam berbagai pencahayaan, dan juga kualitas dan ketahanan warna itu sendiri.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat