Tips Mengecat Pagar Kayu

Tips Mengecat Pagar Kayu

TIPS MENGECAT PAGAR KAYU

Arsitek Indo Kontraktor – Sebelum mengcat pagar kayu, sebaiknya memperhatikan tips dan cara yang benar agar kayu tahan lama dan awet. Kayu mudah sekali terkena jamur atau mudah keropos, sehingga membuat pemiliknya kadang merasa sebal sendiri. Dengan mengecat pagar kayu, kita bisa mengkreasikan warna pada pagar sesuai keinginan.

Yang Harus Diperhatikan Sebeleum Mengecat

Saat kita akan mengecat kayu atau pagar kayu kita harus memperhatikan proses finishing agar kayu menjadi awet dan tidak mudah lapuk. Proses finishing memperhatikan 3 hal utama, yaitu :

  1. Keindahan atau estetika
  2. Ketahanan atau perlindungan
  3. Bahan atau Material Cat

Cara dan Tips Mengecat Pagar Kayu

Simak Delapan Langkah Mengecat Pagar Kayu-Rumah.com

Pertama, pastikan tanaman dan tumbuhan telah dilindungi dengan terpal plastik sebagai penutupnya. Jika diperlukan, Anda bisa memangkas sedikit dedaunan yang rimbun agar memberikan diri Anda ruang untuk bekerja.

Kedua, Jika ada tanaman yang masih bertumpu pada panel pagar dan tidak dapat ditutupi oleh terpal plastik atau dipangkas, maka ikat mereka dengan plant ties untuk mempermudah Anda saat mengecat.

Ketiga, pastikan tiap rangka pagar kayu telah bersih dari paku karat atau sekrup yang mencuat. Pindahkan juga setiap keranjang yang menggantung atau dekorasi dan benda lainnya yang masih menempel.

Anda juga harus membersihkan sisa pasir atau serpihan debu yang melekat dengan lap kering. Langkah ini perlu dilakukan guna memastikannya telah halus dan rata agar mendapat hasil yang sempurna.

Keempat, oleskan lapisan primer untuk semua panel pada pagar dan biarkan kering sepenuhnya. Tahap ini akan memberikan akhir yang lebih baik untuk hasil cat yang sesuai keinginan Anda.

Kelima, gunakan kuas besar untuk melukis pagar kayu dengan warna yang telah dipilih. Bila garis pada pagar kayu bergerak ke arah horisontal, maka Anda juga harus mengecatnya dengan skema horisontal, dan begitu pun dengan vertikal. Trik ini perlu diterapkan jika ingin melihat hasil yang baik dan warna cat yang lebih halus.

READ  Inspirasi Dinding Pagar Unik

Alternatif lainnya, Anda dapat menggunakan cat semprot yang dirancang khusus atau pistol semprot. Cat jenis ini biasanya bisa mempermudah Anda untuk mengecat seluruh pagar hanya dalam jangka waktu beberapa menit saja.

Keenam, jika diperlukan Anda dapat menerapkan lapisan cat kedua pada pagar kayu. Tetapi sebagian besar pagar kayu hanya membutuhkan satu lapisan saja.

Ketujuh, pastikan Anda menunggu sampai cat benar-benar kering sehingga tidak ada noda yang menempel di tanaman. Perlu diketahui, cat mengandung bahan kimia yang mampu merusak tanaman.

Kedelapan, bersihkan seluruh peralatan setelah selesai digunakan untuk menjaganya tetap awet, dan bisa dipakai kembali di lain hari.

Cat berbasis minyak yang lebih tebal daripada air, membutuhkan white spirit atau cairan pelarut organik turunan parafin yang biasa dipakai untuk proses dry cleaning. Cairan peralut ini dipercaya mampu membersihkan seluruh bahan kimia yang menempel pada kuas cat Anda.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat