Tips Mengecat Rumah Sendiri Anti Gagal

Tips Mengecat Rumah Sendiri Anti Gagal

Tips Mengecat Rumah Sendiri Anti Gagal

 

Tips Mengecat Rumah Sendiri Anti Gagal – Dinding rumah yang hanya begitu – begitu saja pasti akan membuat bosan si penghuni rumah. Anda dapat mencobanya dengan berkreasi sendiri untuk membuat ruangan rumah anda tidak membosankan. Mengganti warna cat dapat menjadi satu solusi terbaik yang bisa anda lakukan. Motif dan warna dapat anda buat sesuka hati dengan mengecat rumah sendiri. Berikut ini tips mengecat rumah sendiri anti gagal.

 

 

 

1. Persiapkan Alat-Alat Sebelum Mengecat

Alat untuk mengecat rumah yang harus disiapkan seperti masking tape, tangga, amplas, dempul, kuas, kaleng air, roller, lakban, koran, dan sebagainya. Jangan sampai hasil cat gagal karena kamu kerepotan mencari barang saat mengecat.

2. Aduk Cat Terlebih Dahulu Sebelum digunakan

Sebelum digunakan, aduk cat terlebih dahulu selama kurang lebih lima menit. Hal ini agar cat menjadi lebih mudah digunakan, tidak menggumpal, dan hasil warna yang dihasilkan lebih bagus. Campur cat dengan air sebanyak 10% dari jumlah cat yang digunakan.

3. Bersihkan Dinding

Tips mengecat rumah sendiri yang lain adalah pastikan dinding yang akan kamu cat bersih dari debu. Hal ini sangat penting agar hasil akhirnya halus dan rata. Membersihkan dinding bisa dengan vacuum cleaner, sapu, atau kemoceng. Namun jika dinding terlalu kotor, gunakan spons dan air campuran detergen untuk membersihkan kotoran pada dinding. Biarkan dinding mengering terlebih dahulu.

4. Tutupi Bagian yang Tidak Ingin dicat

Lindungi dan tutupi bagian yang tidak ingin dicat dengan lakban atau masking tape. Misalnya, bingkai jendela, tepi pintu, dan sebagainya. Kamu juga bisa menaruh koran atau kain pada lantai agar cat tidak jatuh dan mengotori lantai. Setelah mengecat selesai, segera cabut pita perekat atau lakban tersebut sebelum cat dinding mengering agar cat tidak ikut tercabut.

5. Tutup Retakan pada Dinding

Gunakan plamir (dempul tembok) untuk menutup celah atau retak pada dinding, lalu ratakan sampai halus menggunakan amplas. Oleskan juga primer cat, sejenis cairan yang diaplikasikan sebelum pengecatan agar hasil akhir rata dan mengkilap.

6. Campur Cat dengan Water Base atau Solvent

Lapisi permukaan tembok yang akan dicat dengan water base atau solvent yang berkualitas agar lebih rata, halus, dan tidak mudah mengelupas. Wall sealer juga bisa dipakai untuk menyesuaikan ph semen dengan ph cat sehingga warnanya lebih tahan lama.

7. Cat dengan Warna Putih atau Mengamplasnya Jika Ingin Mengubah Warna Dinding

Jika kamu ingin mengganti warna dinding rumahmu, sebaiknya cat dulu dinding dengan warna putih agar hasil warnanya sesuai dengan yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga bisa mengamplas dinding sampai warna catnya hilang atau pudar.

Agar dinding tidak terlihat berbeda warna, tips mengecat rumah  adalah kerjakan satu bidang permukaan dalam satu waktu sehingga warna permukaan relatif sama. Jarak waktu antara lapisan satu dengan kedua sekitar 1-2 jam dan jangan terlalu lama.

8. Gunakan Kuas Kecil pada Bagian yang Sempit

Roller tidak bisa diaplikasikan disemua bagian dinding karena hanya bisa mencakup area yang luas saja. Untuk area yang sempit seperti sudut ruangan, gunakan kuas kecil agar hasil cat rata dan tidak berantakan. Tips mengecat rumah ini sangat penting jika kamu tidak ingin usaha kamu gagal!

9. Gunakan Teknik ZigZag

Tips mengecat rumah sendiri supaya hasilnya rata dan bagus adalah dengan membuat gerakan zig-zag dari atas ke bawah berulang kali sampai dinding tertutup rata. Roller bisa digunakan untuk meratakan warna permukaan dinding.

 ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat