Tips Sederhana Merawat Rumah Kayu Agar Awet

cara merawat rumah kayu

Tips Sederhana Merawat Rumah Kayu Agar Awet

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – Merawat rumah yang kita tinggali adalah suatu kewajiban yang harus kita lakukan secara rutin. Tujuannya yakni agar rumah tahan lama dan tidak mudah rusak dalam waktu yang cukup lama karena kita telah rajin membersihkan dan merawatnya. Siapakah disini yang memiliki hunian yang berbahan dari kayu atau terdapat kombinasi bagian rumah yang menggunakan bahan kayu? Jika kamu penghuni rumah ini sebaiknya kamu melihat tips yang akan kami ulas ini tentang Tips Sederhana Merawat Rumah Kayu Agar Awet.

6 Cara Membersihkan Lantai Kayu dengan Mudah

1. Rutin Memberikan Pelapisan atau Coating ulang

Pertama kami menganjurkan untuk bangunan rumah kayu agar secara rutin melakukan pelapisan atau coating, minimal setiap 6 bulan sekali. Bagian eksterior rumah yang langsung bersentuhan dengan cuaca seperti panas, angin ataupun hujan, penting untuk dilakukan coating untuk mencegah efek buruk dari sentuhan cuaca tersebut yang memang merupakan musuh dari elemen berbahan kayu.

Pilihlah pelapisan atau coating yang berkualitas dan juga ramah lingkungan, jangan lupa pilih coating atau pelapis yang sesuai dengan fungsinya, misalkan saja memakai plitur untuk mempertahankan serat kayu agar awet dan tetap terlihat alami.

2. Gunakan Anti Rayap

Rayap adalah salah satu musuh utama dari kayu. Oleh karena itu perlu lakukan secara berkala pemusnahan dan pencegahan rayap pada rumah kayu Anda. Jika ada bagian kayu yang terdapat rayap, segera musnahkan agar tidak merembet ke tempat lain. Kami menganjurkan untuk rutin melakukan pengecekan di tempat atau area rawan rayap  di rumah kayu Anda atau bisa dengan memakai jasa pest control untuk pencegahan rayap.

BACA JUGA :

Inspirasi Desain Ruang Tamu Outdoor

READ  Membersihkan Ruang Tamu

7 Ide Interior Rumah Warna Ungu

3. Rajin Bersih-bersih

Kebersihan bukan saja hanya slogan sebagai bagian dari iman, namun menjaga kebersihan akan membuat Anda sehat dan nyaman. Pada rumah kayu kami menyarankan untuk rutin setiap hari membersihkan kayu dari kotoran dan juga debu yang menempel. Untuk lantai rumah kayu bisa dilakukan dengan cara membershkan dengan airpel dan segera langsung dikeringkan.

Sedangkan untuk bagian dinding rumah kayu bisa Anda bersihkan dengan menggunakan lap basah secara rutin untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel yang dapat merusak kayu.

Untuk mencegah agar cat tidak pudar dan mengelupas dan juga untuk memperpanjang usia rumah kayu Anda, pembersihan dengan cara pencucian basah hanya boleh sesekali saja, hal ini karena elemen kayu mudah sekali menyerap lembab yang akan membuat rumah kayu Anda rentan awetnya.

4. Berhati-hati dengan Kebiasaan di Rumah

Tinggal di dalam rumah kayu, Anda juga perlu memperhatikan kebiasaan Anda saat berada di rumah, karena tanpa disadari kebiasaan tersebut bisa merusak rumah kayu Anda sendiri. Contohnya, kebiasaan menyeret atau menggeser barang atau perabotan saat akan memindahkan ke area lain, sekarang harus melakukannya dengan cara lain yaitu dengan cara mengangkatnya jangan menggeser atau menyeretnya. Kamu juga perlu menghindari benda-benda tajam dari permukaan kayu rumah Anda.

BACA JUGA :

Ini Dia! 10 Inspirasi Hiasan Dinding Rumah Cantik

Interior Apa Saja Yang Sebaiknya Ada di Rumah?

Nah, itu dia tips untuk kamu yang mempunyai rumah berbahan kayu. Kamu bisa melakukan tips-tips tadi dalam melakukan perawatan terhadap rumahmu. Semoga bermanfaat.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat