Tips Untuk Memilih Material Partisi Ruangan

Tips Untuk Memilih Material Partisi Ruangan

Tips Untuk Memilih Material Partisi Ruangan

 Arsitek Indo Kontraktor – Partisi ruangan merupakan sesuatu yang penting dalam rumah. Tak hanya dengan tembok, kita juga bisa membagi ruangan dengan material lain, seperti kaca, lemari, atau lainnya. Nah kali ini kita akan membahas tips untuk memilih material partisi ruangan.

Cara memilih partisi ruangan

Tanpa disangka, memilih partisi ruangan yang paling tepat bisa saja cukup membingungkan. Kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu agar Anda semakin mudah menemukan produk yang sesuai.

Pilih produk berdasarkan tipenya

Secara umum, partisi ruangan dibagi menjadi dua tipe, yaitu tipe penyekat dan screen. Masing-masing tipe memiliki keunggulan tersendiri. Jadi, pilihlah yang paling sesuai kebutuhan Anda.

Tipe yang menggunakan tiang penyangga, dapat digunakan layaknya dinding

Tipe yang menggunakan tiang penyangga, dapat digunakan layaknya dinding
Partisi tipe ini dipasang dengan cara menghubungkan langit-langit dan lantai dengan tiang penyangga, menjadikannya bisa berfungsi seperti dinding pembatas sungguhan. Anda dapat memakainya untuk membagi satu ruangan menjadi dua bagian atau membuat semacam koridor kecil di depan pintu masuk.
Partisi jenis ini biasanya memiliki dua tiang yang dapat diatur ketinggianya. Namun, sayangnya partisi semacam ini tidak banyak ditemukan di toko online di Indonesia. Solusinya, Anda dapat memesannya secara custom kepada desainer interior atau arsitek tepercaya Anda.

Tipe screen, dapat mempercantik interior ruangan

Tipe screen, dapat mempercantik interior ruangan
Partisi tipe ini akan membuat tampilan interior ruangan tampak lebih modis. Desainnya pun beragam, ada yang ala Jepang, khas Asia, dan sebagainya. Anda cukup memilih yang paling sesuai dengan gaya interior ruangan.
Selain itu, pemasangannya pun tidak bersifat permanen layaknya tipe penyekat.
Dengan begitu, Anda bisa menciptakan space khusus di ruangan hanya saat dibutuhkan. Misalnya, saat ada tamu yang datang, saat Anda ingin membuat area kerja terpisah dalam ruangan, dan lainnya. Fleksibel dalam penggunaan dan berdesain menarik, wajar bila tipe ini sangat populer, bukan?

Pilih material produk sesuai tujuan penggunaannya

Partisi ruangan memungkinkan Anda membuat dua space berbeda dalam satu ruangan. Berbeda material, berbeda pula tujuan penggunan partisi tersebut. Agar Anda tidak menyesal akibat salah pilih, ketahui materialnya dan pilihlah sesuai tujuan penggunaan yang Anda inginkan.

Untuk mengatur pencahayaan ruangan, pilih partisi berbahan kayu

Untuk mengatur pencahayaan ruangan, pilih partisi berbahan kayu
Saat Anda hendak memisah space menggunakan partisi ruangan, bisa saja ruangan tersebut malah menjadi gelap. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa memilih partisi ruangan yang dibuat dari kayu. Cahaya bisa masuk melalui celah-celah produk tersebut sehingga kekurangan pencahayaan pun bisa teratasi.
Tidak hanya itu, ada juga produk berbahan kayu dengan bentuk seperti kerai yang dapat diubah-ubah besar celahnya. Hal tersebut memungkinkan Anda memperindah ruangan tanpa menghambat sirkulasi udara dan pencahayaan.

Untuk memaksimalkan penggunaan ruang, pilih partisi berbahan baja

Untuk memaksimalkan penggunaan ruang, pilih partisi berbahan baja
Apakah Anda berpendapat bahwa ruangan akan terasa sempit jika menggunakan partisi? Tidak demikian apabila Anda menggunakan partisi bermaterial baja. Partisi jenis ini biasanya dirancang memiliki banyak lubang-lubang kecil. Awet dan dapat ditempeli magnet atau pengait sehingga Anda dapat menggunakannya untuk menggantungkan catatan, jurnal, memorandum, bahkan aksesori kecil.
Ada juga produk yang sudah dilengkapi langsung dengan gantungan atau penyimpanan tambahan yang berfungsi layaknya rak. Jadi, Anda dapat memaksimalkan penggunaan ruangan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk ruang privasi tambahan, pilih sekat kain yang mudah dipasang dan dicopot

Untuk ruang privasi tambahan, pilih sekat kain yang mudah dipasang dan dicopot
Keunggulan utama partisi berbahan kain adalah kemudahan penggunaannya. Daya tahan dan kemampuannya meredam suara memang lebih inferior dibanding produk berbahan kayu atau baja.
Namun, produk berbahan kain memiliki bobot ringan dan gampang dipasang, dipindahkan, dan disesuaikan. Anda bisa dengan mudah memasangnya saat ada tamu yang mendadak datang. Selain itu, Anda juga bisa memasangnya secara permanen dan menghiasinya dengan poster atau dekorasi lainnya.
Itulah beberapa tips untuk partisi ruangan Anda, Semoga bermanfaat .,

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

READ  Desain Ventilasi Untuk Rumah

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat