Menghemat Biaya Renovasi Kantor

arsitek jogja

arsitek jogjaMENGHEMAT BIAYA RENOVASI KANTOR

Arsitek Jogja – Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas mengenai bagaimana cara renovasi kantor (Baca juga : Cara Renovasi Kantor). Nah pada kesempatan kali ini kami Arsitek Jogja, ingin membahas tentang meminimkan atau menghemat biaya renovasi kantor. Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Cara Hemat Biaya Renovasi Kantor

Kami Arsitek Jogja ingin bagi-bagi tips 5 cara merenovasi interior kantor agar bisa maksimal dan hemat.

  1. Manfaatkan inventaris interior lama kantor Anda

Pada kasus ini, saat kami mengunjungi ruko ternyata sudah tersedia sebuah meja resepsionis yang tadinya ingin dibuang klien. Spontan kami usulkan bagaimana jika kita manfaatkan saja meja tersebut dengan me-redesain tampilan furniture nya tanpa merubah bentuk fisiknya ya sahabat Arsitek Jogja, usul ini diterima klien dan kami kerjakan berdasarkan desain.

Anda juga bisa lakukan hal seperti ini, jangan langsung buang barang-barang yang terlihat rusak. Kadang yang rusak hanya luarnya saja tetapi konstruksi utama furniturenya masih kuat & solid. Lain hal jika konstruksinya sudah 90% dimakan rayap ya memang harus dibuang.

Contoh lain, jika Anda punya sofa lama Anda bisa lakukan refinishing dengan mengganti cover/bekleed sofanya.  Punya lemari lama, bisa Anda refinishing dengan ducco/cat kembali atau lapis saja dg HPL sesuai warna yang Anda inginkan. Kaca atau pintu kaca bekas juga bisa Anda gunakan sebagai partisi atau pintu di salah satu ruangan kantor. Bahkan kami pernah memindahkan karpet tile dari kantor lama klien ke kantor baru hanya demi efisiensi.

  1. Gunakan material pengganti

Misal Anda ingin pasang sebidang dinding pada kantor baru Anda, jika menggunakan bata jelas akan memakan waktu dan biaya. Gunakan material lain seperti gypsum yang jelas akan menghemat banyak biaya. Tanya aj mba Google pasti ada pilihan lain selain gypsum jika Anda ingin dinding benar2 tebal & kuat digedor, seperti GRC 9mm, plywood 18mm, dsb, dsb…

Contoh lagi, Anda ingin pasang karpet.. ada banyak pilihan karpet saat ini maka pilih lah yang paling masuk dengan budget Anda. Kalau Anda gunakan karpet tile 50/50 jelas mahal jika Anda tidak terlalu masalah dengan motif main aj deh ke toko yang jual karpet disitu pasti banyak solusi untuk Anda.

Atau, pemasangan kaca.. jika Anda menggunakan kaca full (tanpa kusen) dengan kaca 10/12mm jelas lebih mahal dibandingkan jika Anda menggunakan kaca 6mm dengan kusen aluminium 3in.

  1. Lakukan tender

Langkah ini jika akan menghemat biaya tetapi jelas akan memakan waktu, biaya dan Anda butuh orang khusus untuk menanganinya. Untuk mudahnya sahabat Arsitek Jogja, Anda bisa menyewa konsultan untuk membantu Anda dalam proses tender. Konsultan akan membantu Anda untuk membuat harga pagu serta mempersiapkan BQ yang akan diisi oleh kontraktor peserta tender. Pesera tender bisa berasal dari lokal dan non lokal, konsultan akan urus ini semua. Pada akhirnya, Anda hanya tinggal memilih kontraktor mana yang terbaik dengan harga yang sesuai budget Anda.

  1. Step by Step

Bila Anda memliki budget yang sangat terbatas maka saran kami jangan lakukan renovasi secara terburu-buru. Kerjakan saja dulu ruangan yang paling diperlukan untuk mengawali operasional bisnis sahabat Arsitek Jogja, nanti setelah bisnis mulai berjalan baru lakukan renovasi tambahan lainnya.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – ARSITEK JOGJA | ARSITEK SOLO | ARSITEK SEMARANG  | JASA ARSITEK merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat