Tips Ampuh Membersihkan Noda Tembok

arsitek jogja

arsitek jogjaTIPS AMPUH MEMBERSIHKAN NODA TEMBOK

Arsitek Jogja – Resiko pada dinding rumah atau tembok rumah adalah akan semakin kotor. Apalagi bagi Anda yang mempunyai anak kecil, yang sudah mulai corat-coret tembok hehe. Jangan khawatir, Anda bisa mengatasi dan membersihkannya dengan cara berikut ini.

Trik Ampuh Membersihkan Noda Tembok Kembali Bersih

situasi akan berbeda jika Anda tahu bagaimana cara menangani kotoran pada dinding secara cepat tanpa harus menunggunya meluas. Berikut adalah 6 cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebersihan dinding pada rumah.

1. Baking Soda

Bahan serbaguna ini juga ternyata ampuh membersihkan kotoran pada dinding. Anda hanya perlu menaburkan cukup baking soda pada kain yang sudah dibasahi untuk kemudian Anda lap pada permukaan dinding yang terkena kotoran. Pastikan untuk melakukan langkah ini dengan hati-hati karena kalau terlalu keras malah akan membuat warna dinding memudar. Temukan fungsi baking soda lainnya di sini.

baking_soda_cleaning_d

2. Penghapus Pensil

Terkesan sepele namun trik ini tergolong trik klasik yang ampuh membersihkan dinding dari kotoran-kotoran yang sifatnya tidak begitu parah seperti coret-coretan. Semakin bagus kualitas penghapus yang digunakan sahabat Arsitek Jogja, semakin efektif juga bahan ini bekerja membersihkan kotoran pada dinding.

Image Credit: Geekazos

3. Pasta Gigi

Usapkan pasta gigi pada permukaan dinding yang kotor secukupnya, diamkan beberapa detik, lalu sikat dengan menggunakan sikat gigi yang telah dibasahi. Anda disarankan untuk menggunakan sikat gigi yang berbulu sehalus mungkin untuk mencegah rusaknya permukaan cat dinding.

Image Credit: Surfs and Smile

4. Sapu Berbulu Halus

Jangan membersihkan dinding hanya jika ada kotoran saja. Dinding juga perlu sesekali dibebaskan dari debu-debu yang menempel. Anda dapat menggunakan sapu gagang berbulu halus agar dapat menjangkau lebih banyak permukaan dinding dan membebaskannya dari debu yang (nantinya jika dibiarkan akan) membandel.

Image Credit: wire cutter

5. Cuka Buah

Siapkan cairan cuka secukupnya dalam wadah. Kemudian celupkan kain atau sikat gigi ke dalam cuka tersebut untuk membasahi permukaan keduanya. Lalu Arsitek Jogja, mulai lah pelan-pelan menyikat atau melap permukaan dinding yang memiliki kotoran membandel.

Image Credit: Skinnymixers
Image Credit: Skinnymixers

6. Mayonaise

Tanpa disangka sahabat Arsitek Jogja, mayonaise juga ternyata memiliki kegunaan rahasia untuk membersihkan dinding dari noda membandel. Caranya juga sama mudahnya yakni sebatas mengoleskan cukup mayonaise ke permukaan kotoran, tunggu beberapa menit, lalu disiram atau dilap dengan kain bersih.

Image Credit: Skinny Mixers

7. Cairan DIY Pembersih Dinding

Bahan terdiri dari tepung maizena dan pure baking soda. Campurkan keduanya dengan air secukupnya, lalu biarkan mengental hingga bertekstur seperti pasta. Oleskan pasta ramuan tersebut ke permukaan yang terkena noda, diamkan, lalu gosok dengan sikat gigi berbulu halus hingga kotoran terangkat. Mudah, kan! Kita punya banyak pilihan cairan khusus pembersih dinding di toko-toko. Namun jika bisa mempersiapkan sendiri dengan bahan yang tersedia di rumah, kenapa harus beli sahabat Arsitek Jogja?

9ef3a40677fc2819e52046e4136f74e2

Catatan: sebelum Anda melakukan proses pembersihan kotoran pada dinding dengan bahan-bahan yang disebutkan di atas, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu jenis cat dinding di rumah Anda. Bahan di atas sepatutnya paling cocok untuk tipe cat modern seperti gloss. Untuk cat lain yang lebih sensitif seperti whitewash atau enamel, proses pembersihan terutama saat bagian gosok dan bilas harus ekstra hati-hati dengan spons atau sikat gigi yang selembut mungkin.

Image Credit: Kaodim

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – ARSITEK JOGJA | ARSITEK SOLO | ARSITEK SEMARANG  | JASA ARSITEK merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat